Prinsip Dan Teknik Supervisi Kepala Sekolah
Abstract
Abstrak: Pengawasan kepala sekolah memegang peranan penting dalam pengembangan profesional guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis prinsip-prinsip serta teknik-teknik supervisi yang efektif hingga hambatan-hambatan bagi kepala sekolah dalam melakukan supervisi. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan ( penelitian perpustakaan ). Hasil artikel ini menunjukkan bahwa prinsip supervisi kepala sekolah berisi kepemimpinan instruksional, supervisi kolaboratif, supervisi berbasis data dan pengembangan profesional berkeinginan. Sedangkan teknik supervisi kepala sekolah diperoleh dengan adanya observasi kelas, supervisi klinis, supervisi berbasis data dan supervisi berbasis teknologi. Selanjutnya hambatan-hambatan kepala sekolah dalam melakukan supervisi yaitu kurangnya kompetensi dan keterampilan supervisi, tuntutan administratif yang berlebihan, kurangnya dukungan dari pihak eksternal, resistensi guru terhadap supervisi dan keterbatasan waktu untuk supervisi.
References
Blasé, J. &. (2016). Effective instructional leadership: Teachers’ perspectives on how principals promote teaching and learning in schools. Journal of Educational Administration, 54(4),, 152-167.
Bowen, G. A. (2019). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Reseach Journal. Vol.9 No.2, 27-40. doi:10.3316/QRJ0902027
Dalanggo, H. (2019). Strategi Perencanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Journal Ideapublisihing.co.id, 5 (4), 381.
Darling-Hammond, L. H. (2017). Effective teacher professional development. .: Learning Policy Institute.
Glickman, C. D.-G. (2018). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). .: Pearson.
Hallinger, P. (2018). Leading educational change: Reflections on the practice of instructional and transformational leadership. Cambridge Journal of Education, 38(3), 329-351. doi:10.1080/0305764032000122005
Hanafiah, M. A. (2017). Supervisi Dalam Administrasi Pendidikan. Jurnal Hikmah, 14 (1), 25-26.
Hasanah, F. (2021). Resistensi Guru terhadap Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2),, 112-125.
Hidayat, R. (2021). Penggunaan Teknologi dalam Manajemen Sekolah: Studi Kasus pada Sistem Manajemen Informasi Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 45-58.
Kasaming, A. (2018). Supervisi Akademik dan Proses Pembelajaran. Malang: Media Nusa Creative.
Leithwood, K. &. (2018). How school leadership influences student learning: A test of “The Four Paths Model”. Educational Administration Quarterly, 54(4),, 518-549.
Marsh, J. A. (2018). The use of data in school districts and schools: Lessons from the past two decades. Educational Policy, 32(5),, 713-742.
Marzano, R. J. (2019). The new art and science of teaching. .: Solution Tree Press.
Mukhtar. (2018). Kepemimpinan Pendidikan: Teori dan Implementasi. . Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Purwanto, N. (2019). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riyanto, A. (2020). Pendekatan Partisipatif dalam Supervisi Pendidikan: Kiat-kiat untuk Kepala Sekolah. . Yogyakarta: Deepublish.
Robinson, V. M. (2015). The impact of leadership on student outcomes: How successful school leaders use transformational and instructional leadership to make a difference. Educational Administration Quarterly, 44(5), .
Sudadi. (2021). Supervisi Pendidikan (Konsep, Teori, implementasi). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Suharto, T. (2019). Kemitraan Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan dalam Supervisi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(3), 201-215.
Suryadi, D. (2022). Manajemen Waktu Kepala Sekolah: Mengatasi Keterbatasan dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Manajemen Sekolah,, 7(4),, 322-335.
Syamsul, A. (2019). Pentingnya Dukungan Eksternal dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan. Jurnal Supervisi Pendidikan, 8(2), 134-148.
Walker, A. &. (2020). Principal leadership in an era of accountability: A perspective from the Hong Kong principals. Journal of Educational Administration, 58(2),, 235-253.
Wiyono, B. B. (2020). Supervisi Pendidikan: Pendekatan, Konsep, dan Aplikasinya. . Jakarta: Bumi Aksara.



