Transformasi Lembaga Pendidikan Islam di Minangkabau: Peralihan dari Tradisional ke Modern dalam Perspektif Sejarah dan Dinamika Sosial

  • Nilma Yola UIN Imam Bonjol Padang
  • Mufti Ulil Amri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Cut Ezha Thania Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Keywords: Minangkabau, Institution, Studies, islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengetahui bagaimana transformasi atau perubahan lembaga pendidikan Islam yang terdapat di wilayah Minangkabau mulai dari lembaga tradisional hingga modern. Adapun metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini adalah metode penelitian sejarah dengan teknik pengumpulan data dari tinjauan kepustakaan. Setiap sumber yang diperoleh, akan dilakukan kritik sumber baik secara internal maupun eksternal. Kemudian, data yang sudah dikritisi dikelompokkan berdasarkan klasifikasi data masing-masing. Setelah itu dilakukan interpretasi data hasil penelitian dan dituliskan dalam bentuk paragraf serta dilakukan analisis terhadap data-data yang kredibilitas untuk digunakan. Hasil dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan pengetahuan tentang beberapa jenis lembaga pendidikan Islam yang terdapat di wilayah Minangkabau yakni dimulai dari lembaga surau, pesantren, madrasah, pondok pesantren tradisional hingga moderen, serta juga terdapat tiga universitas Islam negeri.

References

Abuddin Nata. (2004). Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Airnurrofiq Dawam. (2005). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Listafarista Putra.

Alfurqan. (2019). Modernisasi dan Evolusi Pendidikan Islam di Minangkabau. Innovation in Islamic Education: Chalenges and Readiness in Society 5.02, 29.

Aprison, W. (2023). Pesantren Tradisional Di Era Modren. Capitalis: Journal of Social Sciences, 1(1), 187–194.

Azizah, N., & Wedra Aprison. (2023). Pesantren Tradisional Di Era Modren. Capitalis: Journal Of Social Sciences, 1 No 1, 189.

Azzumardi Azra. (1988). The Rise and the Decline of the Minangkabau: A Traditional Islamic Educational Institution in West Sumatera During The Deutch Colonial Government. Colombia University.

Baikoeni, & Yoni, E. (2014). Patriot Negara Kepulauan. Pandu Aksara Publishing.

Cristine Dobbin. (1992). Kebangkitan Islam dalam Ekonomi Petani yang sedang Berubah: Sumatera Tengah 1784-1847, Terj.Lilian D.Tedjasukandhana. INIS.

Dillistone. (2002). Teori simbol menurut perspektif F.W. Dillistone. In Teori simbol menurut perspektif F.W. Dillistone.

Djaelani Timur. (1982). Kebijaksanaan Peminaan Kelembagaan Agama Islam. Dirjenaga.

Drajat, M., Sekolah Tinggi Agama Islam KHEZ Muttaqien Purwakarta, Ma. D., Kunci, K., Islam, P., & Agama, D. (2018). Sejarah Madrasah Di Indonesia. Journal for Islamic Studies, 1(1), 196–206. https://doi.org/10.5281/zenodo.1161729

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 No. 1, 44.

Hadiyanto. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter di SMP Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas Kabupaten tanah datar, Sumatera Barat. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV No. 2, 87–97.

Hasneli. (2014). Pendidikan Islam di Minangkabau. Al-Hikmah, xi No. 23, 93–94.

Hubbil Khair. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Masyarakat Di Era Modern. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 12 No.2, 24–35.

Humas SMDD. (2024). Sejarah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. https://uinbukittinggi.ac.id/sejarah-uin-sjech-m-djamil-djambek-bukittinggi/

Humas UIN Mahmud Yunus. (2024). Sejarah UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Website UIN Mahmud Yunus. https://uinmybatusangkar.ac.id/sejarah-uin-mahmud-yunus-batusangkar/

Iswantir. (2013). Pendidikan Islam: Sejarah, Peran, dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. CV. Anugerah Utama Raharja.

Kareel A. Steenbrink. (1994). Pesantren Madrasah Sekolah, Pendidika Islam dalam Kurun Modern. LP3ES.

Mahmud Yunus. (1982). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Hida karya Agung.

Maksum. (1999). Sejarah dan Perkembangannya. Logos Wacana Ilmu.

Malfi, F., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Karakteristik Madrasah Tarbiyah Islamiyah Di Sumatera Barat. Innovative: Journal Of Social …, 3, 8302–8312.

Malik, R. K. (2021). Pesantren Moderen dan Tradisional Cermin Komunikasi Pembangunan. Almunzir, 14 No. 2, 197.

Manan, M. A. (2011). Pemikiran Pembaharuan Dalam Islam: Pertarungan Antara Mazhab Konservatif Dan Aliran Reformis. Masyarakat Indonesia, XXXVII No., 239.

Marlina Ghazali. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurlna Al-Ta’dib, 6 No. 1, 128.

Mas’ud Zein. (2015). Sistem Pendidikan Surau : Karakteristik, Isi Dan Literatur Keagamaan. Ta’dib, No.1.

Muhammad Aminullah. (2024). Comparative analysis of the Traditional Islamic Education System With The Modern Islamic Education System In Indonesia [Universitas Muhammadiyah Makassar]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/40768-Full_Text.pdf

Mukhlis, A. (2017). Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara. Al-Imam: Jurnal KeIslaman dan Kemasyarakatan.

Nelmawani, Musri, M., & Faisal. (2017). Iain Imam Bonjol 1966-2016 Tonggak Sejarah Kebangkitan Perguruan Tinggi Islam Di Sumatera Barat. Turast: Jurnal Penelitian & Pengabdian, 5(1), 1–11.

Ramayulis. (2011). Sejarah Pendidikan Islam; Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara. Kalam Mulia.

Rini Rahman. (2015). Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad 20 (Studi kasus di Sumatera Barat) (hal. 179–180). FIS UNP.

Rukiati, E. K., & dkk. (2004). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Pustaka Setia.

saharman. (2017). Sejarah Pendidikan Islam di Ninangkabau. Vol.21 No., 86–96.

Widia Fithri. (2014). Dinamika Pendidikan Islam di Minangkabau (86 Tahun Perjalanan Madrasah Diniyyah Pasia). Al-Aqidah: Jurnal Aqidah Filsafat, 6 No 2, 2. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/926/1/7-Dinamika pendidikan Islam di Minangkabau (86 tahun perjalanan madrasah diniyyah pasia).pdf

Yuningsih, H., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2015). Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru. Tasyri’, 22(2), 175–194. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tasyri/article/view/1552

Published
2025-01-01