Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan di Sekolah
Abstract
Baik dan tidak lulusan menjadi suatu mutu pendidikan di lembaga yang ditentukan dalam kualitas lulusannya yang nanti akan menjadi sebagai penerus bangsa di dunia pendidikan. Meningkatnya suatu mutu pendidikan dengan tinggi melambung pesat kemajuannya bagi suatu lembaga atau untuk bangsa. Bahkan akan menjadi sebaliknya bila menurun dengan rendah mutu pendidikan dalam lembaga akan menjadi kemunduran bagi pendidikan di bangsa tersebut. Maka sumber daya manusia itu sendiri pun juga akan menurun dalam mutunya yang tercipta. Untuk membentuk karakter dalam mengasah kemampuan berfikir peserta didik di perlukan pendidikan dan sumber daya yang mengempuni, agar tercapat sesuai kompetensi yang diinginkan dalam suatu lembaga pendidikan yang bermutu. Zaman yang sudah berkembang sangat cepat dan pesat dalam berevolusi, mewajibkan dan memfokuskan suatu unit lembaga sekolah dalam pendidikan menghasilkan lulusan yang berkualitas di era tuntutannya. Untuk menghadapi perkembangan zaman di eranya setiap peserta didik dituntun dan di arahkan agar memiliki kompetensi yang luas akan wawasan, kecerdasan yang baik, berkarakter kuat, agar dapat bermanfaat untuk hidupnya sendiri, bangsa, negara dalam bermasyarakat. Sehingga mampu akan beradaptasi untuk hidup di zamannya tanpa ada ketinggalan dalam pengetahuan juga wawasan yang bermutu di pendidikan. Dengan begitu, setiap unit lembaga sekolah selalu dituntut agar terus dapat merevisi dan melakukan setiap adanya perbaikan-perbaikan secara berkala yang sudah direncanakan dan terarah gunanya agar dapat menjawab juga melakukan arus globalisasi di perubahan zaman.
References
Ali, A. M. 2018. Pendidikan Karakter. Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arbangi, Dakir & Umiarso. 2018. Manajemen Mutu Pendidikan. Depok: Prenadamedia Group.
Baharun, Hasan & Zamroni. 2017. Manajemen Mutu Pendidikan Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard, Cet. 1. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Hamali, A. Y. & Budihastuti, E. S. 2019. Pemahaman Praktis Administrasi, Organisasi, dan Manajeman: Strategi Mengelola Kelangsungan Hidup Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hasibuan, S. M. 2021. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tadribuna, Vol 2, No. 1, 2-3.
Hasibuan, S. M. 2023. Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan SD/MI. Jurnal Tadribuna, Vol 4, No. 1, 2.
Hasibuan, S. M. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Mumtaz, Vol 4, No. 1, 64.
Hasibuan, S. M. 2024. Evaluasi Diagnostik dan Remedial dalam Pembelajaran. Jurnal Tadribuna, Vol 4, No. 2, 67.
Hasibuan, S. M. 2024. Dampak Positif Keberhasilan Manajeman Berbasis Sekolah. Jurnal Mumtaz, Vol 4, No. 2, 81.
Hermino, A. 2017. Manajemen Berbasis Sekolah. Di Daerah 3T dan Perbatasan di Indonesia. Bandung: CV. Alfabeta.
Hery. 2018. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Grasindo.
Hidayati, A. 2016. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Joni. 2024. Faktor yang Mempengaruhi Analisis dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Tadribuna, Vol 4, No. 2, 73.
Latif, M & Latif, S. 2018. Teori Manajeman Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mahmud. 2019. Manajemen Pendidikan Tinggi Berbasis Nilai-nilai Spiritual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mubarok, H & Apriani, N. 2021. Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MAS Islamiyah Kotapinang. Jurnal Ta’diban, Vol 1, No. 2. 9.
Muthma’innah, M. 2022. Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan. Jurnal Ta’diban, Vol 3, No. 1, 76.
Noviyandi, A & Dacholfany, M. I. 2020. Implementasi MBS dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Lampung: Cv. Laduny Alifatama.
Prasojo, L. D. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Priansa & Donni J. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Rohmah, N. & Fanani, Z. 2017. Pengantar Manajeman Pendidikan. Malang: Madani.
Sa’adi, A & Wiranti. 2021. Efektifitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami isi Bacaan pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ta’diban, Vol 2, No. 2, 55.
Sedarmayanti. 2018. Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Syah, A. D. M., Sholikhudin, M.A & Yusuf, A. 2023. Pendidikan Karakter Imam Al-Ghazali. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Syaifuddin, M. & Sawaluddin. 2020. Manajemen Evaluasi Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Yaumi, M. 2018. Pendidikan Karakter. Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.



