Manajemen Konflik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Pesisir

  • Aisyah Nuramini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Suci Masyithoh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Keywords: Manajemen Konflik, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Pesisir

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka belajar menemukan hambatan, bahkan diawali dari suatu konflik dalam lembaga pendidikan khususnya sekolah di wilayah pesisir. Wilayah pesisir dengan keunikan geografis, sosial kemasyarakatannya akan menemukan perbedaan sudut pandang dari keterbatasan sumber daya yang saat ini ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sumber penyebab konflik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, (2) dampak konflik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, (3) resolusi konflik dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan fenomenologis, dengan rancangan studi multi situs pada dua sekolah di wilayah pesisir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan model alir. Ada tiga rumusan dari hasil penelitian yaitu: (1) Sumber penyebab konflik seperti perbedaan pendapat antar guru, terbatasnya sarana dan prasarana, terbatasnya kemampuan guru, dan kecemasan posisi/jabatan guru, dan orangtua siswa sulit berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran kurikulum merdeka. (2) Dampak konflik yang dirasakan adalah dampak fungsional. Guru yang dipaksa untuk implementasi kebijakan perubahan kurikulum nasional. Kebijakan ini menuntut guru untuk terus mengembangkan kompetensi diantaranya kompetensi professional, sosial dan pedagogik. Serta guru, secara tidak langsung menerapkan konsep pembelajaran sepanjang hayat. Resolusi konflik yang disarankan adalah kolaborasi guru senior & junior, pemerataan sarana dan prasarana sekolah, menerapkan strategi manajemen perubahan, dan menyusun program home visit. Hasil penelitian ini, sebagai dasar pemerintah dalam menentukkan kebijakan pendidikan, sebaiknya, melihat porsi kesiapan khusunya dalam karakteristik letak sekolah. Kepala sekolah lebih resposif menanggapi perubahan, dan orang tua diharapkan dapat antuasias dalam partisipasi pendidikan. Pada akhirnya keberhasilan pendidikan menjadi prioritas bersama. Selain itu, dapat dijadikan referensi dari pemecahan konflik dengan karakteristik yang sama dalam implementasi kurikulum merdeka.

References

Agpina, P & Susilawati. 2022. Analisis Kesulitan yang Dialami Masyarakat di Derah Pesisir Belawan. Florona: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), hal, 78-81

Bengkaliskab, 2024. Perangkat Desa, https://bengkaliskab.go.id/perangkat-daerah/kecamatan-bantan, diakses 20 Oktober 2024

Bogdan, R., & Biklen, S. K. 2017. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods(6th ed.). Pearson

Crewell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(4th ed.). Sage Publications

Ekawarna. 2018. Manajemen Konflik dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara

Fauzan, R., Setiawan, R, dkk. 2023. Manajemen Perubahan. Padang: PT. Global Eksekutif TeknologiFauzi, R. 2022. Manajemen Konflik dan Cara Penaganan Konflik dalam Organisasi Sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum, Tarbiya Islamic, 10(1), 59-69

Fitria, A.D, Sianturi, A., dkk. 2024. Perilaku dan Sikap Karakteristik Serta Ekonomi Masyarakat Pesisir di Dusun XIV Desan Percut. El Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), hal 953-963

Haira, L.O. 2018. Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs. Malang: CV IRDH

Hanun, I., Ishfi, N.I., dkk. 2024. Efektifitas Manajemen Konflik di SMPN 40 Surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(2), hal 160-169

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan

Khaeruddin, Ulul, A. Z., Feri, P. 2022. PermasalahanPendidikan Anak Pesisir: Studi Kasus di Dusun Taipa Kabupaten Talakar: Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), hal 28-33

Kusworo. 2019. Manajemen Konflik & Perubahan dalam Organisasi. Jatinangor: Alqaprint

Legi, H., Samosir., L &Tambunan, 2023. Manajemen Konflik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Digital, Nautical: Jurnal Ilmiah Multisiplin, 2(3), hal 196-203

Mullins, L. J. 2005. Management and Organizational Behavior. Bristol: Prentice Hall

Ndruru, S. 2023. Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Pegawai Puskesma. Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 7(1), hal 37-42

Nisa, N.Z & Nainggolan, T., C. 2024. Peran Teknologi dalam Peningkatan Kapasistan SDM Pesisir. SENSISTEK, 7 (1), hal 64- 69

Nisa, S.K, Nono, H.Y &Nawangsa, N.A. 2023. Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), hal 287-298

Novarlia, 2015. Kompromi Sebagai Kunci Budaya Demokrasi. Social Science Education Journal, 2(2), hal 194-202

Pahlevi, M.S.Y., Febrianti, A.A & Ansori, M.I. 2023. Teamship Competence. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1(4), hal 215-226

Pallawagau,, S.D & Shuhaeb F.W. 2024. Dampak Konflik Sosial Buruh Bongkar Muat Pelabuhan Nusantara Kota Parepare: Jurnal Social Landscape. 5(2), hal 97-105

Robbins, S.P & Judge, T. A 2016. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Sari, N.Y., Sinaga, D. & Nainggola, J. 2024. Perkembangan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), hal 2199-2205

Selvianda, N.P., Khozamah, K., dkk. 2024. Strategi Inovatif dalam Mengatasi Perilaku Bullying Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik: Jurnal Pedagogi, 11(1), 71-78

Sherly, Edi, D., & Sihombing. 2020. Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Prosiding Konfrensi Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, hal 183-190

Sitepu, N & Hasugian, J.W. 2023. Model Manajemen Konflik TKI (Thomas-Kilmann Conflict Mode Instrument) Dan Aplikasinya dalam Kepemimpinan Pastoral. Harvester: Jurnal Toelogi dan Kepemimpinan Kristen, 8(2), hal 89-101

Tualeka, M. W. N. 2017. Teori Konflik Sosiologi Klasik dan Modern. Jurnal Al-Hikmah 3(1), hal 33- 48

Ujung, S., Ikhlas., Andi, F., Syafruddin N., Kosim, M. Serentak Bergerak: Kolaborasi Guru dan Junior dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Solok: Jurnal Of Social Science Research, 3(2).

Wahyudi, Susbiyantoro, Dussucik, Yimmi,S. 2020. Strategi Manajemen Perubahan yang Efektif: Belajar dari Keberhasilan Transformasi Organisasi: Jurnal Cahaya Mandalika, hal 1544-1554

Published
2025-01-02