Relationship Marketing dalam Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Perkembangan dan perubahan pada lembaga pendidikan menjadikan persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat dan terarah. Persaingan ini mengharuskan lembaga pendidikan berupaya menjadi lembaga pendidikan yang kreatif, inovatif, dan bisa menggali kemudian mengembangkan keuggulan dan keunikannya agar bisa menarik minat pelanggan jasa pendidikan. Keberminatan peserta didik terhadap suatu lembaga pendidikan identik dengan kepuasan yang diperolehnya mengenai pelayanan yang diberikan. Salah satu cara mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan membangun hubungan (relationship) dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relationship marketing dalam lembaga pendidikan Islam, dan menganalisis tujuan, manfaat dan komponen dari relationship marketing. serta menambah literatur terkait ilmu pemasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif yang serangkaian kegiatannya berkenaan dengan metode mengumpulkan, membaca, mencatat data pustaka kemudian mengelolah bahan penelitian dan menyimpulkan hasilnya. Relationship marketing dalam pendidikan Islam memiliki empat konsep, yaitu Islamic ethical behaviour, social bonds, structural bonds, financial bonds.
References
Alma, B (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arief. (2020). Pemasaran Jasa Kualitas Pelayanan. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Assauri. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Astuti, Miguna, Agni Rizkita A. (2020) Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Barnes, James G. (2003) Secrets of Customer Relationship Management. Yogyakarta: Penerbit Andi.
David, Wijaya. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Fageh, Achmad, dkk. (2022). Relationship Marketing dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi dam Perbankan Syariah: Vol. 9, No. 1
Hwa, Jana Lay, Bowden. (2011). Engaging the Student as a Customer: a Relationship Marketing Approach. Marketing Education Review. Vol. 21, No. 3.
Junaris, I, Nik Haryanti. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Junaris, Imam dan Nik Haryanti. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Kotler, Keith Cox. (2019). Manajemen dan Strategi Pemasaran (edisi revisi). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kuncoro, dkk. (2022). Pemasaran Holistik: Dampak Pemasaran Terpadu dan Pemasaran Relasional terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Kesehatan: ISSN 2550-6978
Lovelock, dkk. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mursalin, Adi. (2023). Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Panuju, Redi. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Payne, A, Sue Holt. (2001). Diagnosing Customer Value: Integrating the Value Process and Relationship Marketing. British Jounal of Management: Vol. 12 159-182.
Peter Paul, Jerry. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Rambat, Lupiyoardi. 2021 Manajemem Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Depok: Penerbit Salemba Empat.
Risal, M. (2021). Konsep Dasar Pemasaran: Pendekatan Keunggulan Bersaing. Malang: Literasi Nusantara.
Suryadi, Irwan, dkk. (2021). Pemasaran Jasa Pendidikan: Sukses Strategi Berbasis Mutu Layanan dan Relationship Marketing. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Weinstein, A. (2020). Creating Superior Customer Value in the Now Economy. Journal or creating Value: FL 33314-7796.
Zed, Mustika. (2017). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.



