Peran Guru dalam Manajemen Kelas pada Pembelajaran Matematika

  • M Muthma'innah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam Kepulauan Riau
Keywords: Peran Guru, Manajemen Kelas, Pembelajaran Matematika

Abstract

Ketercapaian pembelajaran matematika yang baik diperoleh dari manajemen kelas yang baik, efektif dan efisien dari seorang guru matematika. Hal ini mendasari perlunya mengkaji peran guru dalam manajemen kelas pada pembelajaran matematika. Tulisan ini termasuk metode library research. Teknik pengumpulan data nya menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil temuan diperoleh bahwa peran guru dalam manajemen kelas pada pembelajaran matematika yaitu tahapan perencanaan, pengimplementasian dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, seorang guru perlu memperhatikan keberhasilan pembelajaran dengan melihat karakteristik siswa, materi pelajaran, media pembelajaran, dan cara maupun metode yang akan digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Adapun pada tahap implementasi, guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang positif, mengatur waktu dengan efektif, memanfaatkan sumber daya pendidikan yang menarik, dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Selanjutnya, pada tahapan evaluasi, guru perlu melakukan evaluasi proses dan hasil belajar siswa untuk mengukur prestasi belajar dan melakukan perbaikan terhadap hasil belajar mtematika yang belum maksimal.

References

Afsari, S., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil. Jurnal BASICEDU, 7(1), 535-543. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4577

Ahmad, & Setyaningsih, E. (2020). Classroom Management in Mathematics Class: University Students’ Perception. Talent Development & Excellence, 12(1), 429-442. Retrieved from http://www.iratde.com

Asiah, S., Yarmi, G., & Arifin, M. H. (2023). Hubungan Kemampuan Menerapkan Manajemen Kelas dan Etos Kerja Guru dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 7(1), 38-51. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4231

Firdausy, F. H., Rofiki, I., Zulfaidany, S. N., & Mauladana, R. C. (2023). Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMA pada Materi Lingkaran. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(4), 373-390. doi:http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.26335

Harahap, N. F., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Basicedu, 7(1), 612-620. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4662

Hasan, & Siregar, S. U. (2022). Class Management in Improving Mathematics Learning at SMP Negeri 1 Bilah Hilir. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2351-2358. doi:10.35445/alishlah.v14i1.1818

Hayasi, S. A., Istihapsari, V., & Purwanti, S. D. (2023). Peran Guru Matematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa MAN 3 Bantul. Prosiding Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1064-1071.

Husnul, N. R., & Retnawati, H. (2017). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 189-198.

Husnul, N. R., & Retnawati, H. (2017). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 189-198. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Kalaka, F. R. (2021). Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Irfani: jurnal pendidikan islam, 17(2), 199-208. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir

Khairat, M., Basri, M., & Zunidar. (2023). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 21590-21597.

Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Satriawati, G. (2022). Pengemabangan Bahan Ajar Matematika Bagi Guru MI dalam Upaya Mendukung Keterampilan Mengajar Serta Peningkatan Literasi Numerasi. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 61-72. doi:DOI: https://dx.doi.org/10.24853/fbc.8.1

Muthma’innah, M. (2023). Analysis of Students' Mastery of Mathematical Concepts Material for Linear Equations in Two Variables. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 135-147. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik

Muthma’innah, M. (2023). Urgensi Pemikiran Filsafat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 157-169.

Muthma'innah, M. (2024). Analysis of Mathematics Learning Difficulties Material Greatest Common Factor Class VII. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 125-135.

Muthma'innah, M. (2024). Difficulty Learning Mathematics Fraction Material at Elementary School. Rangkiang Mathematics Journal, 3(2), 24-30.

Novita, L., & Muharawati, M. (2022). Class Management Of Mathematics Learning Outcomes In Approximation Materials. IJMIE: International Journal of Management, Innovation, and Education, 1(1), 10-17. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/IJMIE

Novita, M., & Rusdi. (2021). The Effect of Classroom Management on Students' Mathematics Learning Motivation. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 163-172.

Parnata, I., Maharani, L. P., Hidayat, L., Pramudia, T. E., & Rofiki, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika Berdasarkan Kemampuan Pengelolaan Kelas di Sekolah Menengah Pertama. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19986

Rahmi, A. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kemampuan Manajemen Kelas dalam Pelaksanaan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4763-4770.

Sabil, H., Asrial, Syahrial, Kiska, N. D., Saputri, J., Damayanti, L., . . . Silvia, N. (2021). Problem-Based Learning Model in Classroom Management with Scaffolding Techniques on Learning Outcomes and Student Independence. International Journal of Elementary Education, 5(4), 657-665. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Sania, & Ain, S. Q. (2024). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Matematika. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-12. doi:10.37985/murhum.v5i1.686

Sriwongchai, A., Jantharajit, N., & Chookhampaeng, S. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking in Thailand. International Education Studies, 8(11), 77-87. Retrieved from www.ccsenet.org/ies

Tambunan, H. (2020). Kinerja Guru Matematika SMP dalam Membangun Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Matematika, 108-117.

Wati, S. F., Saputra, A. A., Arwan, & Efriliyanti, L. (2024). Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Menciptakan Lingkungan Positif. Journal of Education Management Research (JEMR), 2(1), 38-46.

Published
2025-01-02