Pendidikan Pesantren dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi di Pondok Pesantren Hidayattullah Batam
Abstract
Tulisan ini merupakan servey deskriptif melalui penelitian langsung ke lokasi tempat terjadinya fenomena yang bersifat aktual. Dalam penelitian ini penulis mengambil obyek penelitian tentang peran Pendidikan Pesantren Dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi Dipondok Pesantren HidayatullahKel. Kibing Kec. Batu Aji Kota Batam. Dalam sistem pendidikan Islam ada komponen yang bersifat tetap dan ada komponen yang bersifat berubah. Antara sains dan teknologi. Dalam pandangan Islam, suatu sistem pendidikan harus bersifat dinamis, fleksibel dengan perubahan dan perkembangan peradaban manusia dan didalamnya melingkupi perkembangan sains, problematika zaman modern ini termasuk harus mampu mengantisipasi segala dampak jahiliyyah modern juga globalisasi. Pencapaian yang diharapkan hendaknya tulisan ini dapat menjadi solusi terhadap dampak negatif era globalisasi merambat ke beberapa sektor, diantaranya di lingkungan pesantren, seperti kurangnya respon masyarakat terhadap pesantren, di lingkungan para santri seperti menirunya gaya hidup ala barat, dan lebih menekuni dunia teknologi, seperti handphone, dan di lingkungan tenaga pendidik seperti Globalisasi budaya, informasi dan komunikasi secara signifikan mempengaruhi format hidup tenaga pendidik di pesantren yang teridentifikasi pada cara berpakaian, meningkatnya cakrawala berpikir dan keinginan mengkonsumsi produk-produk global serta cenderung bergaya demokratis, dan tidak secara langsung akan mendangkalkan reproduksi Ulama.



