Peran Pengasuh dalam Pembinaan Moral Santri melalui Peraturan Asrama di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 (Islamic Boarding School Batam) Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Hariyanto Hariyanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam
Keywords: Peran

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis terhadap perkembangan pendidikan disebuah pondok pesantren. Latar belakang penelitian ini adalah Dalam perkembangan pendidikan di pondok pesantren dipengaruhi oleh dinamika pendidikan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu peran pengasuh sangat dibutuhkan dalam membantu pembentukan moral santri di SMP Hidayatullah Boarding School Batam. Untuk itu dalam menghadapi dahsyatnya gelombang budaya dan peradaban yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama, maka dalam hal ini lembaga pesantrenlah sebagai alternatif pertahanan yang kokoh. Nilai-nilai moralitas yang diajarkan di pesantren memiliki pengaruh  positif terhadap perkembangan moral santri. Adapun yang menjadi titik fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pengasuh dalam pembinaan moral santri melalui peraturan asrama di Hidayatullah Boarding School Batam.

Sehngga pada tulisan ini hendaknya dapat menunjukkan: (1) Peran Pengasuh Dalam Pembinaan Moral Santri Melalui Peraturan Asrama di Hidayatullah Boarding School Batam: peran pengasuh sebagai supervise, peran pengasuh sebagai kontrolling, peran pengasuh dalam menjalankan sistem, peran pengasuh sebagai pembina, peran pengasuh sebagai motivator, peran pengasuh sebagai penasehat. (2) Peraturan Asrama SMP Hidayatullah Boarding School Batam: disiplin ibadah, peraturan keamana, peraturan kebersihan, dan belajar malam.

Published
2021-05-27