Fundamental Taksonomi Bloom dalam Sistem Pendidikan Menurut Q.S Al-'Alaq Ayat 1-5 (Telaah Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qurthubi dan Salman)
Abstract
Salah satu bentuk keprihatinan penulis terhadap mindset peserta didik yang mengunggulkan teori-teori pendidikan dari barat, sehingga apapun yang ditransmisikan oleh barat akan diterima tanpa disaring terlebih dahulu kebenarannya, sehingga hilangnya fungsi Al-Qur’an sebagai patokan yang relevan untuk dikaji diberbagai disiplin ilmu, khususnya di dunia pendidikan. Maka yang perlu dikaji adalah taksonomi bloom dalam sistem pendidikan dan pembuktian fundamental taksonomi bloom melalui Q.S Al-‘Alaq ayat 1-5. Adapun hasil yang diharapkan berdasarkan telaah dan analisis penulis bahwa (1) Taksonomi bloom telah lama digunakan dalam sistem pendidikan seperti, pendidikan holistik, dan tematik yang dalam komponennya terdiri dari kurikulum, perencanaan pembelajaran, alat atau media pembelajaran sampai pada evaluasi yang menggunakan konsep hierarki C1-C6. (2) pada pembuktiaannya ayat 1-5 menjadi fudamental kemudian disiplin ilmu pengetahuan sains dan psikologi menjadi penggagas dan penjelasnya sehingga terbentuklah taksomomi bloom.



